Beranda
Artikel
Sekilas Menapak Tilas Tentang Masjid Jami’ Keramat Luar Batang
Sekilas Menapak Tilas Tentang Masjid Jami’ Keramat Luar Batang

Tiada laut yang terlalu dalam untuk diselami. Sama seperti sebuah cerita sejarah yang memiliki perjalanan dan mengakarkan cerita mendalam ke sebuah kehidupan. Jika pada masa awal, kita sudah membaca cerita sejarah pada bagian permukaan, kini saatnya kita mulai lebih mendalaminya dengan menapak tilas tentang Masjid Jami’ Keramat Luar Batang.

Kita mulai dari yang masa awalnya. Masjid Jami’ Keramat Luar Batang berakar sejak tahun 1739 M, dengan bentuk awal sebagai musholla. Didirikan di atas tanah VOC oleh seorang pendakwah dari Hadramaut yang datang ke Batavia pada tahun 1736 M untuk menyebarkan agama Islam, yaitu Sayid Husein bin Abubakar Alaydrus. Beliau wafat pada 1756 M.

Makam Sayid Husein bin Abubakar Alaydrus merupakan salah satu makam tertua yang ada di Jakarta yang berada di kiri pintu masuk dalam bangunan Masjid Jami’ Keramat Luar Batang. Sejak dahulu hingga dewasa kini, puluhan bahkan ratusan bus dan ribuan Penapak rutin datang untuk berziarah.

Masjid Jami’ Keramat Luar Batang sudah mengalami beberapa kali proses revitalisasi dan renovasi tanpa menghilangkan nilai keaslian sejarah aslinya. Para Penapak bisa menemukan gerbang masjid dan minaret yang tetap berdiri kokoh sejak awal berdiri sejak sekarang. Tidak hanya berhenti di situ, revitalisasi dan renovasi ini dibuat untuk menciptakan keteduhan yang terbentang luas bagi para Penapak yang datang.

Sekian sekilas menapak tilas tentang Masjid Jami’ Keramat Luar Batang. Untuk para Penapak, jangan pernah merasa sungkan untuk lebih mendalami berbagai cerita sejarahnya melalui situs https://kampungluarbatang.id/ yang bisa diakses setiap saat dan jangan lupa untuk mengikuti @kampungluarbatang di Instagram. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan serta keberkahan-Nya.

May, 28 2021
Lihat & Temukan
Ditulis oleh
Aryanandra

Copywriter
@pamanbercerita

Tweet
Print
Email
Apakah artikel ini relevan?
Artikel Terkait
Kampung Tertua Penuh Sejarah Di Jakarta Kawasan Luar Batang.
Revitalisasi Dan Renovasi Sebuah Jantung Kehidupan, Masjid Jami’ Keramat Luar Batang.
Sekilas Menapak Tilas Tentang Masjid Jami’ Keramat Luar Batang