Beranda
Artikel
Revitalisasi Dan Renovasi Sebuah Jantung Kehidupan, Masjid Jami’ Keramat Luar Batang.
Revitalisasi Dan Renovasi Sebuah Jantung Kehidupan, Masjid Jami’ Keramat Luar Batang.

Tiada raga tanpa jantung yang menghidupinya. Layaknya sebuah raga, jantung kehidupan dari Kampung Luar Batang adalah Masjid Jami’ Keramat Luar Batang. 

Masjid yang telah ditetapkan sebagai Masjid Cagar Budaya sejak 1993 dan Destinasi Wisata Bahari di Jakarta Utara oleh Pemprov DKI Jakarta ini telah beberapa kali mengalami revitalisasi dan renovasi. Terakhir dilakukan pada era Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo pada tahun 2008. Pada saat itu, sebagian besar bagian masjid mengalami revitalisasi dan renovasi. Mulai dari keseluruhan bagian bangunan masjid, fasilitas yang terdapat di masjid, infrastruktur bangunan, dan dibangunnya 2 menara tinggi di samping kanan serta kiri masjid.

Pada September 2020, dalam era Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, revitalisasi dan renovasi kembali terbentang untuk menciptakan keteduhan bagi para Penapak yang akan datang. Berfokus pada beautifikasi dengan sentuhan artistik dan modern serta peningkatan fasilitas atau sarana maupun prasarananya, penambahan pada bagian eksterior, penambahan ornamen, dan juga penyediaan papan penanda. Dengan mengutamakan keaslian dari bangunan cagar budayanya, seperti penambahan ornamen Betawi pada bagian tertentu. Penapak juga masih bisa menjumpai bagian bangunan masjid yang masih asli dan berdiri kokoh sejak awal dibangun, yaitu gerbang dan juga minaret kecil dengan desain yang unik.

Pada masa yang mendatang, Masjid Jami’ Keramat Luar Batang akan menjadi salah satu destinasi wisata budaya religi di pesisir Jakarta, bersamaan dengan Kampung Akuarium yang sedang dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta di sebelahnya. Dengan harapan semoga semua berjalan lancar dan tumbuh menjadi salah satu tujuan utama para Penapak dari seluruh penjuru.

May, 21 2021
Lihat & Temukan
Ditulis oleh
Aryanandra

Copywriter
@pamanbercerita

Tweet
Print
Email
Apakah artikel ini relevan?
Artikel Terkait
Kampung Tertua Penuh Sejarah Di Jakarta Kawasan Luar Batang.
Revitalisasi Dan Renovasi Sebuah Jantung Kehidupan, Masjid Jami’ Keramat Luar Batang.
Sekilas Menapak Tilas Tentang Masjid Jami’ Keramat Luar Batang